Menu Sehat Untuk Ibu Hamil

          Bisa hamil dan melahirkan adalah impian setiap wanita di dunia ini, tak ada wanita yang tak ingin memiliki pengalaman hamil kemudian melahirkan buah hati. Kehamilan manusia terjadi selama kurang lebih selama 40 minggu, namun apabila dihitung dari pembuahan, maka kehamilan manusia itu kurang lebih 38 minggu. Kehamilan manusia dibagi menjadi trisemester, yakni 1-3 bulan, 3-6 bulan dan 6-9 bulan. Masa-masa rentan bagi ibu hamil ada di trisemester pertama, maka karena itu harus mengetahui variasi menu sehat sehari-hari untuk ibu hamil muda.

          Variasi menu sehat sehari-hari untuk ibu hamil muda sebenarnya tidak sulit, dan tidak memerlukan banyak biaya. Akan tetapi masih banyak ibu yang tengah hamil muda malah lebih memilih untuk tidak makan karena merasa mual, padahal dengan mengatur dan mengakali rasa mual tersebut dengan menu khusus, maka ibu yang tengah hamil muda tak akan tersiksa dengan morning sickness dan ngidam yang berlebihan.


Seperti Apa Menu Sehat Sehari-Hari Untuk Ibu Hamil?


          Banyak anggapan yang salah beredar di lingkungan ibu hamil, misalnya saja adalah seorang ibu yang tengah mengandung harus makan dua kali lebih banyak porsinya. Padahal yang tepat adalah makan dengan dua kali lipat nutrisi, karena tak hanya si ibu yang membutuhkan nutrisi, namun si jabang bayi dalam kandungan pun memerlukan nutrisi.

          Ibu hamil muda harus mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung folid acid. Apa itu folid acid? Zat ini merupakan zat yang berperan penting untuk menyiapkan rahim yang kuat dan sehat, serta mengurangi resiko kecatatan pada bayi, yaitu Spina Bifida (tulang belakang yang tidak tertutup dengan sempurna). Zat ini bisa didapatkan dalam aneka macam sayuran. Beberapa misalnya adalah pada kembang kol, pada wortel dan brokoli, namun juga terdapat pada kacang kedelai, pada jeruk dan jambu klutuk. Selain itu zat folid acid ini juga terdapat di dalam sereal yang berbahan gandum dan juga terdapat di dalam jagung.

Cara Membuat Menu Sehat Sehari-Hari Untuk Ibu Hamil


          Setelah mengetahui macam-macam bahan makanan yang mengandung zat penting untuk ibu hamil muda, maka sekarang beralih menuju cara membuat menu sehat untuk ibu hamil. Pertama bisa membuat sup sayur ikan salmon. Sayur-sayuran seperti wortel dan brokoli bisa dicampur dengan fillet ikan salmon (bisa didapatkan di bagian daging beku di supermarket terdekat). Caranya juga sangat mudah, cukup kupas wortel, lalu iris tipis lalu siangi brokoli sesuai kuntumnya. Potong-potong dadu fillet ikan salmon dan masak semuanya dalam air mendidih. Sebisanya kurangi penambahan penyedap rasa sepert vetcin agar mengurangi resiko ketergantungan pada penyedap buatan.

          Selain sup sayur ikan salmon, ibu hamil juga bisa mencoba membuat puding jagung untuk kudapan. Caranya sangat mudah, cukup parut dua bonggol jagung manis dan peras airnya. Masak sari pati jagung yang sudah diperas itu bersama agar-agar atau dengan jeli, tambahkan gula secukupnya dan ingat! Jangan terlalu manis ya! Jika ingin manis, setelah matang bisa menyantap puding jagung ini bersama saus vla atau dengan susu kental.  Menu sehat sehari-hari untuk ibu hamil ini masih bisa divariasikan lagi sesuai dengan selera masing-masing. Apabila ibu hamil tak menyukai salah satu jenis sayurnya, maka bisa diganti dengan sayuran yang lain, atau tak suka puding jagung? Boleh menggantikannya dengan menyantap buah-buahan segar, misalnya jeruk dan juga jambu.
Share on Google Plus

About Panggih Jati Pratama

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment