Mau Bermain Jalangkung?

Jelangkung?Apaka Anda Tahu Jalangkung?Di Indonesia Memang Nyata Adanya
Jelangkung adalah salah satu permainan di Indonesia yang sebenarnya Enggan untuk dilakukan. 
Hanya orang orang nekat yang melakukannya,dan orang - orang yang tidak tahu resiko apa yang akan mereka petik setelah bermain Jelangkung tersebut

Melibatkan roh penasaran, yang di dunianya sendiri kebingungan mencari hal hal yang Mereka Cari, 
hitam dalam perjalanan, langsung terseret oleh panggilan manusia yang Nekat yang berkumpul memanggil namanya. 
Yang akhirnya roh roh tersebut menginginkan lebih dari itu, karena manusia yang telah memanggilnya
memintanya dari perjalanannya menuju alam lain, meminta untuk pertanggungjawaban manusia tersebut

"datang tak di jemput pulang tak diantar" itulah kata-kata untuk memanggil roh-roh penasaran dalam permainan jelangkung tersebut. 
permainan jelangkung dapat berupa sebuah boneka, tulisan-tulisan alfabeth dari A-Z, kertas putih yang kosong dan sebuah pulpen, atau sebuah cermin.
Permainan jelangkung ini sangat sekali berbahaya, karena setiap roh-roh penasaran tersebut yang datang meminta pertanggung jawaban, karena sudah menggangu rohnya tersebut.
Terkadang pertanggung jawaban itu sangat berat untuk dilakukan oleh manusia, seperti "dibayar dengan nyawa". 
Permainan jelangkung bisa membuat kita berkomunikasi dengan roh-roh yang datang atau bisa Memanggih roh keluarga kita, namun permainan itu harus di mainkan sampai selesai dan habis, 
jika tidak "dibayar dengan nyawa" akan terjadi. 
permainan jelangkung juga akan ada bekasnya, seperti tempat dimana bermain jelangkung tersebut akan menjadi seram angker.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (Depdikbud, 2002), "jelangkung" diartikan
sebagai "Boneka (orang-orangan, yang dilengkapi alat tulis di tangan, digunakan
untuk memanggil arwah, dan jika arwah itu telah masuk ke dalam boneka tersebut
diadakan tanya jawab, jawaban sang arwah diberikan melalui tulisan tangan boneka
itu)".

Menurut beberapa informasi yang didapatkan bahwasanya Jalangkung atau Jelangkung ini suatu permainan yang berkembang di daerah-daerah khususnya di pulau jawa, pada umumnya dahulu dimainkan di desa-desa dengan menggunakan orang-orangan sawah untuk memanggil arwah, sehingga arwah tersebut “masuk” kedalamnya. Biasanya permainan ini dimainkan secara beramai-ramai pada saat terang bulan, dan bila arwah tersebut datang dia akan memperkenalkan dirinya dan bercerita dengan menggunakan bantuan alat tulis (seperti dapur,dll). Permainan jelangkung bukan berarti  permainan yang TIDAK berbahaya, bahwa sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarang, karena kitapun terkadang harus memenuhi permintaan Jalangkung (mengantarkannya pulang kembali ke suatu tempat atau yang lainnya) dan bila kita tidak memenuhinya, maka biasanya Jalangkung akan marah dan dapat membuat masalah untuk para pemanggilnya.

Berdasarkan info dari orang yang pernah main Jelangkung, ternyata harus ada yang dipersiapkan dulu, yaitu:

1.    Siapin bonekanya (yang biasa kayak kamu lihat di TV-TV), bagian kepala jelangkungnya, pake gayung yang biasa dipake buat mandiin jenazah, terus bajunya pakai kain kafan ya.
2.    Siapkan sesajen komplit, kembang 7 rupa, kopi pahit-manis, teh pahit-manis, air putih. (masing-masing satu gelas)
3.    Minyak mizik, japoran, rose, kembang setaman (masing-masin setetes)
4.    Bawa dupa dan jajanan pasar 7 rupa (kue-kue basah atau gorengan)


Kalau sudah semuanya, kumpulkan jadi satu di tengah. Peserta membuat lingkaran. Lalu, mainnya harus pada jam 9 malam di rumah kosong atau kamar tertutup, dengan jumlah peserta harus ganjil ( 1 baca mantra, sisanya pegangin boneka). Kalau sudah, mulailah baca mantra. Ada tiga macam mantra dari berbagai bahasa:

Dalam bahasa Jawa
Hong Hiyang Ilaheng Hen Jagad Alusan Roh Gentayangan Ono'e Jaelangkung Jaelengsat siro Wujud'e Ning kene Ono Bolon'e Siro Wangsul Angslupo Yen Siro Teko Gaib Wenehono Tondo Ing Golek Bubrah Hayo Enggalo Teko Pangundango Hayo Ndang Angslupo Ing Rupo Golek Wujud..Wujud..Wujud

Dalam bahasa Indonesia
Jalangkung Jalangset Di Sini Ada Pesta Pesta Kecil-Kecilan. Jalangkung Jalangsete Dateng Ga Dijemput Pulang Tak Diantar .
Share on Google Plus

About nurcholis Ahmad

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment