Kouta Boros?? Gunakan Cara Tepat Menghemat Kouta / Paket Data Di Android

Menghemat Kouta / Paket Data Di Android
 Dikesempatan kali ini saya akan berbagi tips/cara menghemat kuota atau menghemat data internet semua operator di android Seluruh Operator baik Telkomsel, Indosat Ooredoo, XL, 3, Smartfren dll. Mungkin sudah banyak yang tahu untuk 
menghemat paket data atau menghemat kuota. Bagi yang belum tahu, cara yang satu ini patut kamu Coba, padahal cara ini sangat lah penting untuk kamu ketahui agar kuota data internet kamu tidak terlalu boros. Kuota internet atau kuota paket data memang sangatlah penting untuk para pengguna ponsel pintar seperti android, iOS, windows phone, dan lain sebagainya, pasalnya dengan adanya kuota internet kamu bisa melakukan segala aktivitas seperti browsing internet, bbm, facebook, line, dan masih banyak lagi yang lainya. Saat ini masih banyak sekali semua operator berkompetisi untuk menawarkan paket internet dan harganya pun bervariasi mulai dari yang murah hingga yang mahal. kamu harus pintar memilih paket internet dan harus bisa menghematnya juga, agar pengeluaran tidak terlalu boros. Jika kamu tidak bisa menghemat paket internet, silahkan baca artikel ini cara tepat menghemat pake internet di android terbukti ampuh.

Cara Menghemat Kuota atau Paket Data Internet di Android


Berikut ini 8 Cara Menghemat Kuota Internet/Data di Android :
1.Gunakan google Chrome (data server) untuk Browsing Internet.
Cara pertama untuk menghemat kuota internet atau peket data internet yakni menggunakan chrome browser, dengan mengaktifkan fitur data saver. Nah untuk mengaktifkannya Data Server silahkan buka Setting//Data Saver//ON. Fitur yang satu ini akan mengompres data sampai 50%, hal tersebut dapat menghemat kuota data internet anda secara maksimal.
2.Non-aktifkan Opsi Sinkronisasi.
Cara kedua untuk menghemat kouta internet atau peket data internet dapat dilakukan dengan cara menon-aktifkan opsi sinkronisasi yang tidak terpakai. Cara untuk non-aktifkan opsi sinkronisasi silahkan kamu membuka ke menu Setting//Accounts//lalu pilih akun yang tidak ingin di sinkronisasi. Cara yang satu ini dapat menghemat kuota data internet kamu, karena aplikasi tersebut tidak langsung otomatis akan tersambung ke jaringan internet.
3.Kurangi Penggunaan Mobile Data dan Aktifkan Perintahnya.
Cara yang ketiga ini pasti anda juga mengetahui yang namanya fitur limit system dan atau data usage warning. Kamu dapat menggunakan fitur kedua ini untuk mengetahui pemakaian data kamu yang telah melebihi batas.Untuk memakai fitur kedua ini silahkan kamu membuka ke menu Settings//Data usage //Celular data //lalu Set cellular data limit. Kemudian tap untuk mengaktifkannya.

4. Restrict Background Data (batasi penggunaan data di background).
Cara keempat menghemat kuota internet atau peket data internet dapat dilakukan dengan membatasi penggunaan data internet di background. Nah untuk memberhentikan data blackground tersebut silahkan kamu  membuka ke menu Settings//Data Usage//Tap tiga garis vertikal di kanan atas//Restrict background data// dan klik OK.
5. Indentifikasi Aplikasi yang Membuat Kuota Data Cepat Habis.
Cara kelima menghemat kuota internet atau paket data internet dapat dilakukan dengan cara meng-indentifikasikan aplikasi yang dapat membuat kuota kamu cepat habis. Untuk mengetahui aplikasi yang mana menyedot data kamu cepat habis, silakan membuka menu Setting lalu buka Data Usage kemudian scroll ke bawah dan temukan aplikasi yang banyak menyedot kuota data kamu. Kamu dapat meng-uninstall aplikasi yang memakan banyak data kamu, kemudian ganti dengan aplikasi baru yang tidak cepat menyedot data kuota.
6. Batasi Penggunaan Data di Berbagai Aplikasi.
cara keenam menghemat kuota internet atau paket data internet yakni dapat melakukan dengan membatasi data di masing-masing aplikasi kamu. Caranya yakni dengan masuk ke menu Setting, contoh Google Photo, silahkan kamu bisa membuka ke menu Setting//Back Up dan Sync. Hal tersebut agar kamu dapat menghemat kuota data internet kamu.
7. Batasi Update Aplikasi.
Cara ketujuh apabila kamu memakai Google Play Stote, maka secara otomatis ponsel android kamu langsung akan ter-Update aplikasi yang ada di play store tersebut, Biasanya update-an tersebut dapat memakan kuota internet yang cukup besar. Nah untuk mencegahnya kamu dapat menggunakan jaringan Wifi, atau juga kamu bisa menon-aktifkan fitur Update-an atau pembaharuan aplikasi, untuk mengaktifkan wifi ke Google play store silahkan kamu masuk ke menu Setting//Auto-update apps//Auto-update apps over WiFi Only.
8. Gunakan Data Dijaringan GPRS / EDGE
Cara terakhir ini memang sangat berpengaruh pada kecepatan internet kamu, namun hal ini dapat berpengaruh besar pada hematnya kuota internet atau paket internet kamu. Pasalnya ketika kamu asik browsing atau bersosialisasi dengan internet yang cepat, pasti kamu tidak merasakan bahwa kuota internet atau paket data internet kamu cepat habis juga. Dengan demikian gunakanlah Data dijaringan EDGE bagi kamu yang mempunyai HP yang mendukung jaringan tersebut.

Cara merubahnya, silahkan kamu membuka menu Settings//Pengaturan Lainya//Jaringan Seluler//Mode Jaringan// pilih GSM atau EDGE Only. Cara ini sangat membantu kamu secara maksimal menghemat kuota Internet kamu.
Nah itu lah 8 Cara Tepat Menghemat Kuota Internet/Data Internet di Android kamu, semoga artikel tersebut dapat bermanfaat untuk kamu semua.
Dikutip : Arya Firmansyah.


Share on Google Plus

About arya Firmansyah

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment