Inilah 10 makanan yang dapat mengembalikan mood mu!

1. Es Krim
Siapa sih yang gak suka es krim? via favim.com
Apa yang selalu membuat anak kecil bahagia? Jawabannya adalah karena mereka suka makan es krim. Bukan hanya disukai oleh anak kecil saja, es krim juga disukai oleh siapa pun. Meskipun es krim rasanya gitu-gitu aja, namun es krim punya satu kelebihan yang tidak dipunyai makanan lain, jadi meski di-mix and match dengan rasa lain, es krim tetap lezat dan menggoda untuk disantap.
Yup! Es krim memang dapat membuat orang yang memakannya menjadi lebih senang, karena es krim mengandung banyak asam amino tryptophan yang dapat menenangkan otak dan tentunya akan mengurangi stress.

2. Greek Yogurt

Greek Yogurt mengandung banyak kalsium via eatocracy.cnn.com
Guys, pernah kepikiran nggak sih kalau kita kekurangan kalsium akan menyebabkan rasa gelisah bahkan depresi. Nah, Greek yogurt ini mengandung lebih banyak kalsium dibandingkan susu sapi dan yogurt biasa. Menurut Dr. Ramsey, kekurangan kalsium tidak hanya berakibat pada tulang saja, tapi juga menyebabkan rasa gelisah, depresi, mudah marah, menurunkan daya ingat, serta, ups! Slow thinking alias lemot. See? All the above mentioned adalah ciri-ciri mood-killers!
So, kalau tiba-tiba kamu merasa gelisah atau marah-marah nggak jelas, mungkin aja kamu kekurangan kalsium. Gimana kalau kamu termasuk yang alergi susu sapi? Gampang, guys! Kamu bisa mendapatkan kalsium tetap ada adalah dengan mengonsumsi susu yang mengandung kalsium nabati, seperti susu kedelai.

3. Kue-kue-an

Aroma kue mempengaruhi mood seseorang via http://health.kompas.com/
Ketika kamu jalan-jalan dekat toko roti, kamu sering tergoda untuk membeli setelah mencium harumnya roti yang baru selesai di oven. Riset membuktikan, ketika kamu mencium bau manis dan berlemak, kamu memang jadi ingin menyantap makanan tesebut kan? Hal ini yang akan mempengaruhi mood kamu menjadi lebih baik lagi.
Dalam studi baru yang diterbitkan di jurnal Appetite, peneliti mengungkapkan isyarat latar belakang seperti mencium wangi enak yang berpengaruh pada mood seseorang. Dari penelitian itu diketahui ternyata orang yang cenderung mencium wangi makanan manis akan lebih menikmati ketika memakannya disbanding mereka yang memakan makanan yang hambar, atau tidak berasa.


4. Milkshake

Milkshake biasanya terbuat dari es krim via www.yeahmag.com
Aneka Milkshake membantu metabolisme tubuh kamu dan membuat kamu lebih berenergi dan tentunya lebih bahagia. Dikenal sebagai makanan yang mengandung nutrisi tinggi untuk melawan stress, dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk melawan radikal bebas. Makanan manis dan dingin ini biasanya terbuat dari es krim, susu panas ataupun susu dingin, dipadukan dengan bubuk perasa (flavor powder) ataupun sirup yang dibuat dengan cara dikocok (shake) menggunakan shaker, atau di blend menggunakan mesin blender. Nah, agar lebih nikmat milkshake biasanya diberi tambahan (topping) berupa saus pemanis, seperti cokelat, caramel, stoberi.



5. Dark Chocolate

Cokelat membawa kebahagiaan via www.scientificamerican.com
Siapa sih yang nggak suka cokelat? Kebanyakan orang pasti menyukai makanan yang satu ini. Selain rasanya yang manis juga enak, ternyata cokelat juga bisa membuat kamu menjadi lebih bahagia lho. hal ini karena di dalam cokelat mengandung zat tryptophan, yakni suatu zat yang dapat membantu mengurangi gejala depresi. Selain itu cokelat juga mengandung beberapa nutrisi yang berguna bagi tubuh. Kandungan rahasia dari cokelat adalah theobromine dan phenylethyamine dimana berfungsi sebagai moodbooster.


6. Makanan Pedas
Bkaso pedas emang mood-booster banget! via www.bogornews.com
Saat kamu dilanda rasa marah dan stress, buruan cari makanan-makanan yang pedas deh. Kamu bisa membeli bakso dengan kuah yang pedas, mie, atau makanan lainnya dengan tambahan sambal cabai yang banyak. Karena makanan yang diberi tambahan cabai dapat meningkatkan hormone endorphin dan serotonin yang dapat meningkatkan mood dan membuat kamu lebih bahagia. Dengan rutin mengonsumsi makanan pedas, dijamin kamu akan jauh dari yang namanya stress dan depresi, ini akan memberi rasa nyaman serta membuat suasana hati kamu selalu berbunga-bunga.


7. Sayuran Hijau Segar

Tumis kangkung pengusir bete via iftaludianasarof.blogspot.com
Sayur-sayuran berwarna hijau mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan produksi neurotransmitter, yang mampu meredakan stress dan meningkatkan mood kita. Selain membantu meningkatkan mood kamu, sayuran hijau juga mengatasi beragam masalah kesehatan yang berkaitan dengan sirkulasi darah dan kelelahan.


8. Ikan

Ikan membuat kamu lebih segar setelah menyantapnya via www.zastavki.com
Ikan membuat kamu merasa lebih baik saat depresi. Coba deh, kamu konsumsi beberapa jenis ikan yang sehat dan rendah lemak seperti salmon, sarden, dan tuna untuk meningkatkan mood. Hal ini akan membuatmu lebih segar. Beberapa daging ikan laut ini kaya akan asam lemak omega 3 dimana nutrisi ini baik untuk jantung sehingga kamu akan terhindar dari penyakit kardiovaskular. Kandungan seafood juga terbukti bisa mengobati masalah neurologi seperti depresi dan Alzheimer. Untuk kamu pecinta udang dan lobster, mereka kaya akan vitamin B, mineral, zinc dan magnesium sehingga bisa membantu memperbaiki mood kamu.


9. Grass-Fed Lamb atau Daging Domba Muda

Daging domba muda mengandung zat mood-promoting via robbwalsh.com
Sejak jaman dahulu, pengembala domba pasti mengajak ternaknya ke padang rumput untuk makan. Ternyata itu adalah cara yang tepat untuk menghasilkan daging domba yang sehat. Menurut penelitian, ternak yang diberikan pakan rumput menghasilkan daging yang mengandung lebih banyak lemak CLA (Conjugated Linoleic Acid) dibanding dengan ternak yang diberi pakan buatan. Dr. Ramsey berpendapat bahwa CLA atau disebut juga “happy fats” ini mampu melindungi sel-sel otak kita dari hormon stress.
Nah, daging domba muda juga mengandung zat mood-promoting, yakni zat besi (iron). Zat besi termasuk salah satu zat vital untuk menstabilkan mood kita.


10. Lemon Macaroons

Lemon macaroon juga mengandung hal-hal yang baik untuk mood kita via www.parislovespastry.com
Don’t skip all the desserts guys! Dr. Ramsey mengemukakan bahwa lemon macaroon juga mengandung hal-hal yang baik untuk mood kita. Braind-healthy coconut merupakan medium-chain fats yang menjadi pembentuk mood positif. Nah, lemon ini berfungsi tidak hanya sebagai penyedap rasa, namun juga mengandung brain-protecting flavonoids.
Perkembangan macaroon pun cukup pesat, kue imut ini ternyata banyak warnanya, teksturnya yang lembut dan meleleh di mulut ini juga banyak rasanya. Di Perancis macaroon merupakan cemilan favorit lho.


Nah, itu dia 10 makanan yang bisa memperbaiki mood kamu sepanjang hari. Kalau makanan mood-booster kamu apa nih guys? Share yuk!

Sumber : papasemar
Dikutip ulang oleh : Farah
Share on Google Plus

About Farah Hidayatul

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment