Cara Tepat Untuk Memulai Usaha

Banyak orang yang ingin menjadi pengusaha namun takut memulai usahanya, untuk menjadi seorang pengasaha tentunya kita harus memiliki modal karena tidak ada satupun usaha yang bisa berjalan tanpa adanya modal, Eitss tapi jangan lupa modal itu bukan hanya berupa materi atau uang ya, modal yang lebih penting adalah ilmu dan pengalaman, tapi bukan berarti uang tidak dibuthkan untuk memulai usaha karena uang. Untuk modal berupa uang kita bisa dapat melalui meminjam atau menggunakan tabungan yang kita punya, namun jika modalnya berupa ilmu dan pengalaman itu berasal dari diri kita sendiri baik dari belajar secara formal ataupun langsung dari ahlinya.




Memang tidak dapat dipungkiri usaha sendiri terdengar menggiurkan menjadi boss untuk diri sendiri, waktu kerja yang fleksibel dan keuntungan yang didapat apabila usaha tersebut sukses terolong besar namun, resiko yang dihadapi juga semakin besar seiring berkembangnya usaha kita tersebut. Apabila anda ingin memulai usaha saya akan memberi cara-cara memulai usaha yang baik.

1. Memiliki Mental Usaha
Memiliki mental pengusaha sangat penting dan bisa dikatakan yang paling berpengaruh dalam keberlangsungan usaha, memang apa saja metal pengusaha itu? diantaranya, memiliki keberanian dan pantang menyerah, memiliki jiwa kemandirian dan mampu memimpin karena jika anda memiliki mental seperti ini anda tidak akan berhenti berjuang sebelum usaha anda sukses.

2. Memiliki Wawasan
Anda sudah memiliki mental pengusaha namun ini saja tidak cukup membuat anda sukses, anda harus memiliki wawasan dibidang usaha anda, seperti anda akan membuka bengkel, anda harus memiliki pengetahuan dibidang otomotif dan sistem pemasarannya. Dengan memiliki wawasan setidaknya anda sudah memiliki gambaran yang memadai tentang bisnis yang akan anda jalankan.

3. Rencanakan dan Analisis Jenis Usaha Anda Dengan Menysun Konsep Yang Sesuai
Rencanakan bisnis anda secara matang seperti, apa usaha yang anda akan jalani nanti, dari mana modal yang akan anda dapatkan, lalu analisis jenis usaha anda, apakah anda yakin bahwa usaha yang anda jalani adalah jenis usaha yang memiliki banyak peminat.

4. Focus Pada Satu Bidang Usaha
Seiring berkembangnya zaman, saat ini seakan-akan semua hal dapat dijadikan peluang bisnis, itu memang benar namun akan lebih baik jika anda focus pada satu peluang saja. Dengan anda focus pada satu peluang bisnis maka seluruh ide dan pikrian anda adalah bagaimana agar bisnis anda akan lebih terarah, hal ini memudahkan kamu mengeksekusi ide-ide tersebut.

5. Selalu Mau dan Tidak Malu Belajar Dari Orang Lain
Semua orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, tidak ada orang yang mengetahui berbagai hal, maka itu sangat penting untuk bersikap terbuka pada pemikiran atau pandangan orang lain, dengan berkonsultasi dengan orang lain seperti teman,mentor atau orang sukses lainnya anda dapat mengambil pelajaran dari apa yang sudah dilakukannya.

6. Buktikan Dengan Tindakan Bukan Dengan Kata-kata
Perhatikan apa yang anda katakan, jangan terlalu banyak bicara namun anda tidak bisa berbuat apa-apa, buktikan kamu bisa lakukan melalui tindakan, karena dengan anda bertindak orang akan lebih bisa menilai hasil kerja anda.

7. Perluan Networking Anda
Networking dapat menjadi landasan untuk kelangsungan usaha anda, anda dapat berabung ke dengan komunitas yang terkait dengan jenis usaha yang anda jalani. Hal ini juga dapat berguna apabila usaha anda berjalan dibidang penjualan, ini dapat menjadi tempat anda memasarkan barang/jasa apalagi anda telah memiliki networking yang luas, semakin luas networking anda semakin besar pula pangsa pasar usaha anda.


Semoga Bermanfaat Sobat :)
Share on Google Plus

About Rafi Firdaus

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment