Cara Ampuh Menurunkan Berat Badan

          Cara menurunkan berat badan tidak hanya sebatas untuk mendapatkan tubuh langsing dan ideal, namun juga tentang arti kesehatan. Karena kelebihan berat badan atau obesitas dapat memicu terjadinya berbagai macam penyakit berbahaya seperti serangan jantung, diabetes type 2, tekanan darah tinggi, asam urat, kolesterol tinggi dan berbagai macam penyakit lainnya.

          Oleh sebab itu sangat penting menjaga kesehatan tubuh dengan mengikis lemak yang menumpuk dan bonusnya adalah tubuh yang ramping.

          Hal terpenting untuk menurunkan berat badan adalah melakukan gaya hidup sehat mulai dari pengaturan pola makan hingga berolahraga secara rutin dan teratur. Pola makan yang tepat dapat mengurangi jumlah lemak jahat yang masuk kedalam tubuh. Sedangkan olahraga dapat membakar lemak dengan cepat sehingga berat badan akan semakin berkurang.

          Berikut ini beberapa tips sederhana untuk menurunkan berat badan namun sangat efektif tanpa harus melakukan hal-hal ekstream yang justru membahayakan kesehatan.

1. Jangan Makan Setelah Jam 9 Malam


Setidaknya tidurlah satu jam setelah makan. Hal ini dikarenakan makanan tidak dapat diproses secara sempurna oleh tubuh jika kita buru-buru tidur setelah makan. Sehingga makanan tersebut berubah menjadi lemak saat kita tertidur.

2. Hindari Makanan Berkalori Tinggi


Hindari beberapa makanan yang mengandung kalori tinggi seperti jajanan gorengan, keripik, makanan cepat saji, es krim, minuman bersoda, sereal manis, daging olahan (hot dog, sosis dan daging olahan sejenisnya), kuah daging, dan sejenisnya.



3. Minum Air Mineral yang Cukup


Air mineral dapat membuat kita merasa kenyang lebih lama sehingga menghindari makan yang berlebihan. Minumlah air minimal delapan gelas setiap hari, bisa juga minum air sebelum makan agar perut terisi dan cepat kenyang. Karena tubuh kita 80% terdiri dari air.

4. Perbanyak Asupan Protein dan Serat


Asupan protein dan serat yang cukup ini sangatlah penting untuk menjaga berat badan tetap ideal. Protein dapat membantu menurunkan kadar lemak, anda bisa mendapatkannya dari tempe, tahu dan makan lainnya. Sedangkan serat dapat membuat tubuh kenyang lebih lama, Anda bisa mendatkannya dari kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan seperti apel, pisang, pir dan alpukat.

5. Lakukan Olahraga


Olahraga merupakan bagian penting dalam upaya menurunkan berat badan. Olahraga yang teratur dapat mengurangi berat badan dengan sangat drastis. Bila anda tidak ada waktu luang untuk berolahraga diluar rumah, baca juga mengenai Oahraga Penurun Berat BadanYang Dapat Dilakukan Dirumah

6. Istirahat yang Cukup


          Hindari begadang dan dapatkan tidur yang cukup minimal 8 jam setiap hari. Hal ini dapat membuat produksi hormon tetap seimbang, sehingga nafsu makan pun bisa terkontrol dengan baik. Selain itu juga mengembalikan kebugaran tubuh dan memperbaiki masa otot setelah kita berolahraga.

          Tidak ada cara instan untuk menurunkan berat badan, semua membutuhkan proses. Lakukan beberapa langkah diatas secara rutin hingga mencapai target berat badan yang Anda inginkan.


Semoga bermanfaat sobat :)
Share on Google Plus

About Panggih Jati Pratama

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment