Berkah Jika Anak Sulung Anda Adalah Perempuan?

Banyak orang bertanya-tanya apakah benar jika anak sulungnya adalah perempuan akan mendapat berkah? apa berkahnya? dan apa penyebab jika anak sulung adalah perempuan menjadi berkah?
            Keberkatan yang paling banyak adalah bila anak itu adalah seorang perempuan apalagi jika anak perempuan itu adalah anak sulung atau anak pertama, Rasulullah SAW bersabda diberkati Allah SWT yang anak pertama atau anak sulungnya ialah perempuan, dan ada doa khusus dari Rasulullah SAW. Allah SWT berfirman :
                                                                لِلَّهِ مُلْكُ السَّماواتِ وَالْأَرْضِ يَخْلُقُ مَا يَشاءُ يَهَبُ لِمَنْ يَشاءُ إِناثاً وَيَهَبُ لِمَنْ يَشاءُ الذُّكُورَ
" Hanya kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki. Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki.” (QS. as-Syura: 49).
Dalam ayat ini, ketika Allah SWT menceritakan nikmat anak kepada hambanya Allah SWT awali dengan anak perempuan baru laki-laki sebagian ulama memahaminya urutan itu bukan tanpa sebab, artinya bisa saja mereka yang dikaruniai anak pertama perempuan merupakan tanda kebaikan baginya, oleh karna itu banyak Safulus muslim apabila sudah menikah ingin dan memohon kepada Allah SWT agar diberikan anak pertama atau anak sulungnya adalah perempuan. Jadi apa berkahnya? bila lahir sorang anak laki-laki maka Allah SWT berfirman kepadanya "Keluarlah dan mudah-mudahan kau tolong ayahmu", tapi apabila seoran anak perempuan lahir maka Allah SWT berfirman kepadanya "Keluarlah dan aku yang menolong ayahmu". Inilah yang menyebabkan apabila memiliki anak sulung perempuan menjadikan berkah bagi orang tuanya. Lalu apa penyebab jika memiliki anak perempuan menjadi berkah?, sebab pada zaman jahil dulu jika ada seseorang yan memiliki anak sulung perempuan maka mereka akan bersedih bahkan ada yang lari ataupun pergi meninggalkan kampungnya karena takut dihina, tapi Allah SWT memuliakan apa yang mereka hina, karena jika kita fikir bayi ini takkan keluar dari perut ibunnya melainkan dengan izin Allah SWT.
Diriwayatkan oleh Ad Dailami dari Aisyah secara marfu dengan lafadz : " Diantara bentuk keberkahan wanita kepada suaminya adalah maharnya yang mudah dan melahirkan anak pertama perempuan.."
As Sakhawi berkata : " Riwayat ini lemah .... dst " bahkan Ibnu Jauzi hadist ini Al Madhu'at, ia berkata : " Hadist Ini Palsu "
Banyak ikhtilaf (perbedaan pendapat) di kalangan ulama, namun karena anak adalah hibah dari Allah SWT, sementara manusia hanya bisa meminta. Sehingga yang lebih penting adalah usaha untuk mensyukuri kehadiran anakanya tersebut.


Wallahu a'lam.
Share on Google Plus

About nurcholis Ahmad

    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar: