Alasan Kenapa Makan Dan Minum Harus Duduk

Mungkin kita sudah tahu bahwasannya makan dan minum seharusnya duduk, tertutama bagi kita umat islam karena makan dan minum duduk itu merupakan sunnah dari Rasulullah SAW, ada hadist yang menyinggung tentang cara makan dan minum yang benar. Hadist yang berbunyi " Janganlah sekali kali kamu minum sambil berdiri ". Hadist lain yang menyebutkan larangan makan dan minum berdiri adalah hadist yang diriwayatkan oleh Anas RA, Nabi SAW bersabda " Bahwa beliau melarang seorang untuk minum sambil berdiri ". Kemudian salah satu jamaah bertanya kepada Anas lalu bagaimana kalau makan, ia menjawab bahwa hal itu lebih buruk.




Selain dari sisi agama ternyata manfaat makan dan minum duduk juga memiliki manfaat di sisi kesehatan loh, lalu apa manfaatnya itu? Pada tubuh manusia terdiri atas satu jarinan daging dan darah yang berkesinambungan dari atas sampai kebawah, pada saat anda melakukan kegiatan makan dan minum dengan cara berdiri, maka ada suatu saluran yang lurus yang terbentuk dari tubuh anda seperti jalur baypass yang bebas hambatan, Ketika Anda minum dengan cara berdiri, air yang Anda minum akan terus turun meluncur tanpa saringan masuk ke kandung kemih.

Pada saat perjalanan ke kandung kemih tersebut, terjadi beberapa pengendapan pada saluran di sepanjang rute yang dilalui air yang disebut dengan ureter.  Dengan begitu banyaknya limbah beracun sisa makanan yang mengendap di ureter inilah, yang menjadi pemicu petaka. Biasanya diawali oleh rasa sakit di sekitar perut. Di dalam tubuh memiliki sebuah struktur otot maskuler yang berfungsi seperti klep air pada saluran air keran. Klep otot tersebut dapat dibuka dan ditutup untuk mengatur jalannya pengairan dalam tubuh. Ketika Anda minum sambil berdiri klep maskuler tersebut yang bernama sfringer akan terbuka, dan air meluncur deras hingga ke kandung kemih. Dan petaka seperti yang telah disinggung di atas mulai terjadi.

Teman-teman pernah dengan tentang penyakit lambung, penyakit ginjal, gagal ginjal, ginjal mengkristal, ataupun sumbatan ginjal itu adalah kumpulan penyakit yang didapat akibat makan dan minum tidak duduk.  Dan apabila sampai pada titik tertentu bisa mengakibatkan kanker pada usus Anda, dan pada saluran pencernaan Anda. Jika tidak ada kursi atau bangku usahakan cari tempat yang bisa dipakai untuk duduk ataupun berjongkok.

Share on Google Plus

About Rafi Firdaus

    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Post a Comment